4 Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit

Kebiasaan-kebiasaan buruk bisa menjadi penyebab perut buncit. Perut buncit ini tentu akan membuat kepercayaan diri seseorang menurun karena sangat mempengaruhi penampilan. Tak hanya mempengaruhi penampilan, perut buncit juga menjadi indikasi timbulnya beberapa gangguan kesehatan.

Mengalami Masalah Karena Perut Buncit? Hindari Kebiasaan Buruk Penyebab Perut Buncit Berikut

Penumpukan lemak berlebih di dalam tubuh tidak hanya menyebabkan kegendutan. Akibat lain yang ditimbulkan adalah membuat perut menjadi buncit. Perut buncit akan mempengaruhi penampilan Anda. Jika dibiarkan, penumpukan lemak di perut bahkan bisa memicu timbulnya penyakit yang berbahaya.

Perut buncit bisa disebabkan oleh hormon atau bisa juga karena kebiasaan yang kurang sehat. Seperti beberapa hal berikut yang bisa menyebabkan timbulnya perut buncit.

  1. Kurang Berolahraga

Kebiasaan pertama yang bisa menjadi faktor penyebab perut buncit adalah kurang melakukan akitivitas olahraga. Jika Anda hanya melakukan kegiatan yang tidak melibatkan aktivitas gerak tubuh, tentu akan membuat lemak dari makanan menumpuk di beberapa bagian tubuh, termasuk perut. Setelah makan, lemak akan terus menumpuk jika Anda tidak melakukan aktifitas fisik. Aktifitas fisik berupa olahraga akan menjadi proses pembakaran yang baik untuk tubuh Anda. Olahraga yang dilakukan tidak harus olahraga berat, seperti jogging, jalan cepat atau olahraga sedang lain.

  1. Postur Tubuh Salah

Kebiasaan selanjutnya yang menyebabkan perut buncit adalah postur tubuh yang salah. Misalnya kerika berjalan atau duduk dengan membungkuk. Kebiasaan ini akan membuat otot perut jadi mengendur. Karena ini jugalah yang membuat lemak di bagian perut jadi meningkat. Karena itu, Anda bisa mengurangi kebiasaan duduk atau kebiasaan berdiri membungkuk untuk menghindari perut buncit. Berdiri atau duduk dengan posisi benar yaitu dengan tegak sudah pasti melelahkan. Namun jika kebiasaan buruk ini dibiarkan maka perut Anda bisa membuncit.

  1. Terlalu Stres

Faktor lain yang bisa menjadi penyebab perut buncit adalah karena terlalu stres. Ketika stres seseorang cenderung mengalami peningkatan nafsu makan. Terlebih lagi, biasanya jenis makanan yang dikonsumsi banyak mengandung gula. Inilah yang membuat produksi lemak meningkat terutama di bagian perut. Selain itu, ketika stres akan diproduksi hormon kortisol. Hormon ini disebut bisa melebarkan ukuran sel lemak serta meningkatkan jumlah sel lemak di dalam tubuh. Peningkatan hormon kortisol ditambah dengan peningkatan nafsu makan ini kemudian membuat resiko mengalami perut buncit juga semakin besar.

  1. Mengonsumsi Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memang enak serta mudah didapat. Namun jangan terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji, karena kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji berlebih akan meningkatkan resiko perut membuncit. Makanan cepat saji mengandung banyak kalori dan lemak tidak sehat yang bisa mempercepat perut buncit. Ditambah lagi dengan kebiasaan kurang minum air putih membuat resiko perut buncit juga semakin tinggi.

Itu tadi adalah 4 kebiasaan buruk yang bisa menjadi penyebab perut buncit. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda juga bisa menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan perut buncit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *