Wisata Alam Terbaik di Banyuwangi (Kawah Ijen)

Wisata alam Kawah Ijen Banyuwangi adalah objek wisata yang satu ini telah dikenal luas oleh wisatawan dalam negri dan asing karena keeksotikan dan keindahan alamnya. Setiap hari kawah Ijen tidak pernah sepi bagi pengunjung. Pada hari-hari normal, pengunjung ke kawah Ijen rata-rata hanya ratusan orang, tetapi lebih dari 2.000 orang dapat dijangkau pada akhir pekan atau hari libur nasional, bahkan pada waktu-waktu tertentu seperti Malam Tahun Baru, pengunjung dapat mencapai lebih dari 4.000. Setiap tahun selalu ada peningkatan jumlah pengunjung, baik dalam negri maupun mancanegara, seiring dengan meningkatnya popularitas kawah Ijen.

Kawah Ijen adalah sebuah danau di gunung Ijen yang diciptakan oleh letusan gunung Ijen, sehingga kawah tersebut diisi air untuk membentuk danau kawah yang sangat menakjubkan. Yang menarik adalah bahwa kawah ini terletak di tengah kaldera terluas di pulau Jawa dengan diameter 6 km. Ukuran kawah itu sendiri adalah sekitar 960 meter x 600 meter dengan kedalaman 200 meter. Kawah ini terletak di kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera. Kawah IJen adalah salah satu kawah asam terbesar di dunia. Yang memiliki keasaman hampir nol, sehingga dapat melarutkan tubuh manusia dengan cepat. Namun di balik semua ini, tampak bahwa kawah ini memiliki pesona keindahan yang luar biasa.

Kawah Ijen dari puncak gunung Ijen terlihat sangat indah. Kawah ini adalah danau besar dengan warna biru-hijau dengan kabut belerang yang sangat menawan dan asap. Selain itu, bahkan ketika suhu 2 derajat Celcius, udara dingin dengan suhu 10 derajat Celcius menambah perasaan tersendiri. Berbagai tanaman yang hanya ditemukan di dataran tinggi juga dapat ditemukan, seperti Bunga Edelweiss dan Pine Mountain. Di pagi hari, saat matahari mulai menerangi area kawah Ijen, Anda dapat menikmati pemandangan yang indah. Kawah Ijen hijau kebiruan ditambahkan dengan sinar matahari keemasan yang melompat ke kawah.

Di sekitar lereng kawah terdapat daun kemerahan dari pohon Manisrejo (cantiqi), sedangkan dinding kawah berwarna belerang, kekuningan, kondisi ini membuat panorama alam begitu mengesankan untuk dinikmati. Selain itu, fenomena alam lain yang ditemukan di kawah Ijen dan tidak boleh dilewatkan adalah Blue Fire, yang muncul di tengah pemulihan belerang dan hanya dapat dilihat di pagi hari hingga sekitar pukul 05.00 WIB. Fenomena api biru hanya ada dua di dunia kecuali di Ijen hanya di Islandia. Tidak heran jika keberadaan blue fire begitu populer di kalangan wisatawan, terutama wisatawan asing dan jika ingin liburan aman dan nyaman jangan lupa gunakan paket wisata banyuwangi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *