KEUNTUNGAN INVESTASI JANGKA PANJANG

Investasi jangka panjang dan tips menabung  perlu dipertimbangkan bagi kita yang berpikir visioner karena setiap tahun akan selalu ada kenaikan inflasi sehingga menimbulkan kenaikan harga barang maupun perubahan nilai mata uang. Banyak sekali agen asuransi yang bilang bahwa investasi jangka panjang terbaik adalah asuransi. Tidak sepenuhnya salah, walau juga tidak sepenuhnya benar. Karena setiap orang pasti punya preferensi investasi yang berbeda. Ada yang mengaitkannya dengan profil risiko, ada yang mengaitkannya dengan kepribadian. Bagi kami, investasi jangka panjang, adalah sebuah keharusan. Bukan pilihan yang berwujud asuransi atau hal yang lain. Investasi, baik jangka panjang, menengah, maupun pendek, adalah sebuah respon kita saat menyadari ketidakpastian. Maka, dalam persepektif ini, asuransi tidak tepat dikatakan sebagai asuransi.

Dewasa ini pengetahuan masyarakat Indonesia terhadap produk-produk keuangan kian berkembang. Walaupun, dapat dikatakan kepemilikan terhadap produk-produk tersebut belum mengalami kenaikan yang signifikan. Salah satu yang mendapat banyak perhatian dari masyarakat khususnya generasi milenial adalah produk-produk investasi. Generasi dengan rentang umur 19-39 tahun ini mulai melirik investasi saham untuk menyeimbangi gaya hidup mereka yang semakin konsumtif. Namun, masih banyak calon investor yang beranggapan bahwa investasi saham merupakan investasi yang berisiko tinggi. Selain itu banyak investor pemula yang tidak mau menunggu lama untuk mendapat keuntungan dari investasi saham. Padahal, apabila memutuskan untuk menginvestasikan kekayaan dalam instrumen saham, tentu kamu harus mengetahui bahwa investasi jenis ini merupakan investasi jangka panjang. Beda hal nya dengan trading harian.

Keuntungan Investasi Jangka Panjang

Risiko yang lebih rendah dari trading. Investasi jangka panjang meminimalisir risiko fluktuasi indeks saham dalam jangka waktu yang pendek sehingga lebih aman dibandingkan dengan trading saham. Selain itu investasi jangka panjang akan meningkatkan nilai uang yang diinvestasikan secara konsisten sehingga akan mendatangkan keuntungan dalam jangka panjang.

Investasi jangka panjang dapat memaksimalkan efek compounding. Investasi jangka panjang akan meningkatkan valuasi dana dari waktu ke waktu menggunakan efek compounding berupa bunga. Bahkan compounding dalam jangka panjang akan mampu mengalahkan inflasi yang terjadi.

Menjauhkan dari stress berlebih. Karena risiko yang lebih rendah, investasi jangka panjang juga membuat kadar stress kamu lebih rendah karena hanya perlu mengecek indeks saham dengan rutin tidak seperti trading saham yang fluktuasi nya benar-benar perlu diperhatikan

Membantu portofolio saham lebih beragam. Mempunyai saham investasi jangka panjang di beberapa emiten yang berbeda dalam jangka waktu yang panjang akan membuat portofolio kamu bagus dan bergerak ke arah yang positif.

Setelah mengetahui kenapa menginvestasikan kekayaan dalam instrumen saham perlu waktu yang cukup lama. Kamu tentu mempunyai pemikiran baru untuk mulai menabung saham. Yang dikatakan investor-investor sukses bahwa “investasi harus dimulai sedini mungkin” merupakan hal yang benar adanya.

Arena dengan berinvestasi kamu akan mendapatkan pemasukan dalam jangka panjang. Apabila masih bingung saham jenis apa yang cocok untukmu dengan jangka waktu tertentu, kamu dapat memulainya melalui Ajaib, platform investasi online yang mudah digunakan dan telah membagi kategori-kategori menarik dalam tiap investasi yang ada di dalamnya. Ayo nabung saham!

Wujud atau realisasi dan proteksi bisa jadi definisi yang cocok untuk investasi jangka panjang dalam terminologi asuransi. Karena di dalamnya tidak menjanjikan terlalu banyak hal. Proteksi adalah bentuk kenyamanan yang disimpan di masa depan. Karena hanya itu yang kita bisa lakukan. Namun, Insurtree bisa melakukan lebih, karena insurtree #JelasGampang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *