Batik Solo Motif Slobog, Kawung dan Sidomukti

Keberagaman jenis dan motif batik di Indonesia melambangkan kekayaan budaya yang dimilikinya. Batik telah menjadi karakter Indonesia dengan berbagai maknanya. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan kami bagikan beberapa jenis motif batik solo. Apa saja motif batik solo yang bisa kamu ketahui, berikut penjelasannya.

  1. Batik Solo Motif Slobog

Batik Motif Slobog adalah salah satu motif dari beraneka ragamnya batik Solo. Dan jika dilihat dari asal daerahnya batik ini berasal dari Solo. Batik slobog yang bisa di artikan lobok atau longgar di dalam bahasa indonesia. Batik Slobog juga sering di gunakan oleh orang – orang untuk melayat, makna yang terkandung di dalam hal ini bertujuan agar yang meninggal tidak mengalami kesulitan saat menghadap kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Itulah hal – hal yang sangat lah di pengaruhi oleh prinsip – prinsip keagamaan yaitu bahwa setelah kematian seseorang ada kehidupan yang lain dan kehidupan ini harus di pertanggung jawabkan, yaitu untuk menghadap sang pencipta yaitu Tuhan Yang Maha Esa.

  1. Batik Solo Motif Kawung

Batik Motif kawung sendir mempunyai motif yang cukup sederhana, terbentuk dari pola bulatan – bulatan mirip buah Kawung, sejenis dengan buah kelapa atau yang  disebut buah kolang-kaling. Dengan motif hiasan yang berupa rangkaian kombinasi lingkaran ini disusun berjejer rapih secara simetris dan geometris. Motif batik kawung ini biasanya dimaknai sebagai gambar bunga teratai dengan empat lembar daun bunga yang merekah. Untuk sebagian orang Jawa bunga teratai sering diartikan sebagai umur yang panjang dan juga kesucian. Pada zaman dulu, motif batik kawung biasanya hanya boleh dipakai oleh kalangan kerajaan. Dengan mengenakan motif batik kawung ini, ia bisa menjadi cerminan kepribadian sebagai seorang pemimpin yang mampu mengendalikan hawa nafsu dan menjaga hati nuraninya.

  1. Batik Solo Motif Sidomukti

Motif batik Sidomukti adalah salah satu motif batik solo yang begitu populer dan mudah sekali ditemukan. Biasanya digunakan para mempelai pengantin saat acara pernikahan adat Jawa, terutama oleh masyarakat Solo.

Beli Baju Batik dan kain batik berkualitas dengan harga terjangkau di https://batik-s128.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *