Berbagai Macam Alasan Pasta Gigi Memiliki Banyak Varian

Bahaya utama dari gigi adalah karies. Nah karies adalah sebuah penyakit infeksi yang merusak struktur gigi kalian. Rusaknya jarigan gigi diakibatkan oleh asam. Kondisi asam tersebut bukan hanya dari sisa makanan saja, tapi bisa juga dari makanan yang menyelip dibagian sela sela gigi kalian. Jika kalian tidak bersihkan, sisa sisa makanan tersebut lama kelamaan akan diubah oleh bakteri yang ada di mulut kalian loh. jika kalian tidak tahu awal tujuan dari pengunaan pasta gigi adalah untuk memutuskan rantai pembentukan asam.

Nah untuk cara pasta gigi memutuskan rantai pembentukan asam oleh bakteri penyebab karies bisa melalui beberapa cara yaitu, membuat keadaannya basa (lawan dari asam) dan menurunkan kemampuan bakteri berkembang biak. Diantaranya pasta gigi harus memiliki zat aktif yang dapat menurunkan terjadinya karies gigi. Flouride dipakai luas pada pasta gigi karena memiliki sifat yang basa dan dianggap melengkapi struktur gigi.

Biasanya pasta gigi memiliki dua bahan utama yaitu, flouride dan partikel abrasif yang bertujuan untuk memoles gigi dan untuk mengeluarkan sisa sia makanan yang ada di permukaan gigi kalian. Jumlah abrasif dalam pasta gigi harus dalam batas tertentu agar email gigi tidak mengalama erosi atau terkikis.

Flouride dan bahan abrasif ini kemudian diikat dengan pengental ,pemanis ,penstabil dan rasa. Nah ini yang menyebabkan banyak varian pasta gigi, tetapi pada dasarnya sama kegunaanya, dalam arti tidak ada perbedaan yang signifikan dalam penggunaannya dan kemampuan melawan bateri dalam mulut kalian. Dengan kandungan zat aktif yang sama, varian pasta gigi hanya mengikuti selera pasar dan memberikan kalian pilihan.

  • Varian pasta gigi yang biasa beredar di pasaran

Dengan seiringnya perkembangan zaman, teknologi dan peneliti pun makin memberikan keuntungan untuk kalian yang ingin merawat gigi dan mulut. Nah tidak semua pasta gigi menggunakan zat aktif flouride loh, tetapi semakin lengkap dalam memahami kebutuhan konsumen. Jadi selain flouride inilah varian pasta gigi yang hadir dipasaran dan juga biasa men jual pasta gigi adalah toko toko besar ataupun warung yang ada didekat rumah kalian.

  1. Pasta gigi untuk anak- anak

Karena anak- anak memiliki kencenderungan untuk memakan pasta gigi tersebut, maka orang tua dianjurkan untuk tidak memberikan pasta gigi yang mengandung flouride kepada bayi dan balita hingga usia 18 bulan. Setelah itu bisa menggunakan pasta gigi yang rendah akan flouridenya sampai usia minimal 7 tahun usianya.

  1. Pasta gigi whitening

Dengan partikel abrasif dan warna kamuflase, pasta gigi ini bertujuan untuk nmenghapus noda pada gigi secara efektif dan menyamarkan gigi menjadi lebih terlihat cerah. Namun perlu diingat bahwa labeh “whitening” bukan berati gigi kalian menjadi lebih putih, akan tetapi memgembalikan gigi ke warna semula ya.

  1. Pasta gigi untuk pelindung gusi

Nah pasta gigi dengan bahan zinc nitrat ini bisa membatu menjaga kesehatan gusi dengan cara meperlambat pertumbuhan bakteri. Zinc juga berguna sebagai immunomodulator ( substansi yang digunakan memengaruhi imun) sehingga gusi kalian akan regenerasi sel menjadi lebih cepat.

  1. Pasta gigi untuk gigi yang sensitif

Nah biasanya pasta gigi jenis ini memiliki mineral khusus untuk dirancang dengan memutup tubulus dentin dan meminimalkan sensitivitas saat menyikat gigi. Tubulus dentin merupakan pori-pori pada lapisan dentin (tulang gigi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *