Pentingnya Peran Ayah Dalam Keluarga Untuk Perkembangan Otak Anak

Ayah, Luangkan Waktumu Untukku | Waspada Online

Seorang pemimpin dalam keluarga yang sangat kita kagumi adalah ayah. Siapa yang tidak mengenal sosok beliau ? Seseorang yang kita selalu perlukan dimanapun. Peran ayah dalam keluarga tanpa sepengetahuan kita menjadi suatu hal yang penting dalam membetuk pola kepribadian kita kelak. Bahkan peran ayah dalam keluarga membantu aspek kognitif dan juga kecerdasaan emosional anak untuk terus berkembang. Hal ini terjadi bahkan sejak anak dalam kandungan dan belum mengenal dunia mereka. Kehadiran peran ayah dalam keluarga mampu meningkatkan kecerdasaan anak lebih tinggi melalaui dukungan dan pola asuh mereka yang penuh kasih sayang. Sehingga tidak hanya seorang ibu yang diperlukan oleh anak, peran ayah dalam keluarga juga memegang peranan penting dalam meningkatkan kecerdasan dan pembentukan kepribadian seorang anak.

Ketika seorang anak mendapatkan kasih sayang yang cukup dan mendapatkan pola asuh yang baik dari seorang anak, maka anak tersebut memiliki kecerdasaan yang bisa dibilang tinggi. Peran ayah dalam keluarga mampu merangsang seorang anak untuk menumbuhkan jiwa alisis, kritis bahkan anak mampu memiliki keinginan lebih dalam menjalajahi dunia. Hal ini menyebabkan otak anak terstimulasi dan berkembang. Selain itu, peran ayah dalam keluarga juga mampu meminimalisir perilaku yang tidak diinginkan yang terjadi pada seorang anak ketika tumbuh dewasa nanti. Hal ini dikarenakan seorang ayah mampu menjadi gambaran bagaimana seorang anak tersebut bertindak nantinya. Sehingga seorang anak memiliki kepribadian yang baik.

Ketika seorang anak baru menyapa dunia, peran seorang ayah dalam keluarga dimulai. Perjalanan menjadi seorang ayah dimulai ketika seorang anak manusia mungil menyapa pelukan tangannya. Berbeda dengan seorang ibu yang akan memeluk kita ketika kita merasa kurang nyaman bahkan saat kapanpun pelukan ibu terasa nyaman, peran ayah dalam kelurga dan tumbuh kembang anak dimulai dari hal kecil yakni jiwa petualang. Seorang ayah akan dengan mudah mengijinkan anaknya untuk menjelajahi dunia dengan tangan dan kakinya yang mungil. Melihat dunia disekitarnya dan belajar hal – hal baru. Peran ayah dalam keluarga adalah menjadi mentor anak sedari dini tentang keajaiban yang ada didunia dan cara kerja berbagai macam alat sehingga otak seorang anak akan terstimulasi dengan baik. Ketika anak sudah mengenal ilmu secara dalam, ayah akan menjadi motivator dalam setiap pergerakan anak dan contoh bagi anak dalam berperilaku dan mengambil suatu tindakan. Sehingga pada stase ini perkembangan kognitif dan emosional anak akan terstimulasi dengan sempurna. Oleh sebab itu, peran ayah dalam keluarga dan tumbuh kembang anak mampu meingkatkan kinerja otak anak dan mengasah level IQ seorang anak. Bahkan kepribadian seorang anak lebih terstimulasi dengan dorongan asuahan seroang ayah dalam hidupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *