Cara Memilih Baju Batik Wanita

Batik kini menjadi pakaian wajib bagi wanita Indonesia. Hampir di setiap acara atau kegiatan, baik formal maupun informal, Anda pasti akan menemukan pakaian batik yang Anda kenakan. Namun tidak jarang kita melihat baju batik yang dikenakan tidak sesuai atau bahkan merusak penampilan seseorang. Untuk itu, wanita harus sangat bijak dalam memilih baju batik sesuai dengan karakternya.

Pada dasarnya orang akan memilih pakaian yang akan dikenakan karena merasa nyaman dengan pakaian tersebut, apapun bentuknya dan bermerek atau tidak yang penting kenyamanan, itu cukup. Namun bagi Anda para wanita, memilih baju batik untuk dikenakan merupakan pekerjaan yang rumit.

Banyaknya pilihan corak dan motif batik membingungkan wanita dalam menentukan pilihan. Bingung dalam memilih baju apa. Termasuk saat memilih motif batik wanita.

Saat memilih baju batik, kita harus bisa menentukan gaya yang cocok dengan tubuh kita. Berikut beberapa tips memilih model dan warna kaos berdasarkan bentuk tubuh wanita.

Tips memilih baju batik sesuai bentuk tubuh

1. Kurus dan tinggi

Bagi wanita yang memiliki postur tubuh langsing dan tinggi, disarankan untuk mengenakan dress batik dengan warna cerah. Kemudian pilih kemeja batik dengan motif bunga yang besar. Tujuannya tak lebih dari menyembunyikan tubuh langsing. Karena dengan corak yang besar memberi kesan bodi lebih berisi dari aslinya.

2. Kurus dan pendek

Wanita dengan tubuh langsing dan pendek mungkin tidak akan kesulitan untuk memilih pakaian. Termasuk pilihan model pakaian batik wanita. Pakaian apa yang cocok untuk postur tubuh kurus dan pendek?

Pilih dress batik dengan warna cerah dan motif floral yang sedikit lebih besar. Jika memungkinkan, pilih pola garis lurus agar tubuh terlihat lebih tinggi. Dengan perpaduan seperti itu akan terlihat lebih menarik.

3. Gemuk dan tinggi

Berbadan besar dan gendut terkadang membuat kita kesulitan untuk memilih model pakaian. Apalagi saat memilih model baju batik. Maklum, wanita dengan tekstur memang identik dengan warna gelap.

Warna-warna gelap dipercaya dapat memberikan efek yang sedikit lebih halus dibandingkan menggunakan warna-warna terang. Tak heran, meski memilih gaun batik, kebanyakan wanita gemuk lebih memilih warna gelap. Dan sebaiknya pilih kemeja batik dengan motif kecil. Karena jika polanya lebar, berefek tubuh terlihat lebih berisi.

4. Gemuk dan pendek

Seperti yang telah disebutkan di atas, warna ideal untuk tubuh kokoh adalah warna gelap. Selain itu, pilih dress batik dengan motif floral kecil atau garis lurus. Hindari memakai rok kaki yang bengkak. Pasalnya, rok yang mengembang membuat tubuh terlihat sangat penuh.

Pola baju batik untuk pesta

Tak jarang kita sering merasa bingung bahkan saat ingin menghadiri pesta, seperti pernikahan. Kebanyakan orang memakai pakaian seperti yang mereka kenakan di pesta. Namun bagaimana jika konsep perkawinan mengambil tema tradisional yaitu Jawa. Tentunya tamu juga harus menyesuaikan pakaian yang dikenakan dengan konsep ini.

Salah satu jenis pakaian yang bisa Anda pakai adalah kemeja batik. Ya, memakai batik di pesta adalah ide yang bagus. Dengan memakai batik, Anda akan terlihat lebih anggun dan menawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *