SehatQ.com Mempermudah Segala Urusan Kesehatan Anda

Platform kesehatan SehatQ telah resmi merilis aplikasi. Sejak berdiri setahun lalu, mereka sudah menjalankan layanan melalui website. Aplikasi ini memiliki dua fitur utama yaitu Doctor Chat dan Doctor Booking, serta tersedia dalam dua versi, Android dan iOS.

Pada tahap awal, sehatq.com berfokus pada konten kesehatan, mulai dari artikel hingga ensiklopedia penyakit dan obat-obatan. Total ada 1165 daftar penyakit, 2.196 isi, 6979 direktori dokter dan 2127 direktori pelayanan kesehatan.

Sebelumnya, Obrolan Dokter SehatQ tersedia di situs web dengan fungsi yang lebih terbatas. Data dari Juni hingga September 2019 menunjukkan bahwa mayoritas pengguna menggunakan layanan ini untuk memberi nasihat tentang keluhan kecil dan cara mengatasinya. Namun, kelompok pengguna lain, hingga 36%, memerlukan pemeriksaan fisik langsung oleh dokter.

Kini, melalui fungsi aplikasi Doctor Chat, pengguna bisa berkonsultasi langsung dengan tim dokter SehatQ berpengalaman. Berbeda dengan aplikasi lain, SehatQ mengklaim tidak hanya membantu mengatasi keluhan kesehatan, tetapi membantu pengguna menerapkan gaya hidup sehat.

Sedangkan pada fungsi Doctor Booking, pengguna dapat memilih dan memesan program untuk kunjungan ke lebih dari 8000 dokter yang masuk dalam daftar kesehatan. Dari jumlah itu, SehatQ menyatakan hanya sekitar 2.000 dokter yang menjadi mitra di hampir 300 fasilitas. Kedepannya, tujuan SehatQ adalah meningkatkan jumlah mitra pelayanan kesehatan.

Demografi pengguna

Dari sekian banyak diskusi yang ditawarkan kepada pengguna, SehatQ menyebutkan ada 5 topik yang paling banyak dicari. Ini termasuk kesehatan kulit, kesehatan seksual dan reproduksi, gangguan pencernaan, masalah pernapasan, dan kesehatan mental.

Untuk demografi, 60% pengguna SehatQ adalah perempuan dan 40% laki-laki. Di kelompok usia ini, sebagian besar generasi milenial sekitar 77%.

Selain itu, SehatQ telah memperkenalkan fungsi obrolan video dengan dokter rumah sakit dan klinik. Berkat layanan baru ini, pengguna dapat memilih rumah sakit yang mereka sukai dan cari dokter hingga tanya jawab dengan dokter.

Selama wabah ini, jumlah kunjungan pasien ke fasilitas kesehatan seperti klinik dan rumah sakit mengalami penurunan. Pemerintah juga mengimbau masyarakat untuk melakukan konsultasi online dengan dokter untuk mengurangi antrian dan kemacetan di fasilitas pelayanan kesehatan. Sejalan dengan imbauan tersebut, Kementerian Kesehatan menyarankan rumah sakit untuk membatasi aktivitas klinis untuk mencegah kemungkinan penularan virus Covid-19.

SehatQ menyadari bahwa banyak pasien dari kelompok rentan tidak dapat pergi ke rumah sakit atau klinik. Contohnya adalah para lansia, penderita kanker, penderita diabetes dan ginjal, yang sebenarnya membutuhkan pemeriksaan dan perawatan rutin.

Dengan diluncurkannya video chat dengan dokter ini, pasien dapat langsung menghubungi dokter tersebut untuk penanganan lebih lanjut dan mendapatkan pertolongan bila diperlukan kunjungan mandiri.

Pengguna bisa mengakses video chat dokter ini melalui website SehatQ.com atau aplikasinya menggunakan smartphone, laptop atau desktop. Selain Anda, pengguna dapat melakukan video chat dengan dokter untuk anggota keluarga lainnya, termasuk orang tua dan anak-anak.

Melalui kerjasama dengan fasilitas kesehatan di kota-kota strategis di Indonesia, diharapkan layanan ini dapat menjangkau lebih banyak pengguna. SehatQ dan rumah sakit, mitra layanan obrolan video dokter, menjamin kerahasiaan dan keamanan data pengguna. Semua data pengguna hanya akan digunakan untuk tujuan pemantauan kesehatan dan konsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *